Baru saja terungkap dan telah membuat banyak pihak terkejut. Bagaimana tidak?, ternyata klub sekelas Barcelona belum juga menuntaskan kontra baru Lionel Messi meski sudah mengumumkan kepastian perpanjangan kontrak baru sang pemain pada bulan Juli kemarin.

Seperti yang sudah diketahui, Messi telah menerima pengajuan perpanjangan kontrak dari Barca yang akan membuat sang pemain bertahan hingga musim 2021. Ketika itu, pihak Barca langsung merilisnya ke dalam akun resmi klub dengan menyebut kepastian Messi akan bertahan lebih lama lagi.

"Kesepakatan ini akan diikat secara resmi dalam beberapa pekan mendatang, ketika Messi kembali menjalani latihan pra-musim." demikian pernyataan resmi pihak Barca atas kesepakatan yang terjadi dengan Messi.

Dan sampai tiba waktunya, pihak Barca angkat bicara dengan mengakui bahwa belum ada hitam diatas kertas putih dari Messi perihal perpanjangan kontrak. Ungkapan ini terjadi ketika Barcelona harus mengakui keunggulan Real Madrid 3-1 di Camp Nou dalam ajang Supercopa de Espana dan Barca sendiri harus merelakan Madrid mengangkat Piala tersebut usai kalah dengan agregat 5-1.

Semakin nyata kebenarannya ketika wakil presiden Barcelona, Jordi Mestre dalam acara jumpa pers pengenalan Paulinho mengatakan bahwa pihak klub sebenarnya sudah mencapai kesepakatan, namun lambatnya komunikasi antara kedua belah pihak telah menunda kepastian Messi akan benar bertahan. 

"Semuanya sudah sepakat dan kami tengah menantikan tanggal untuk meneken kontrak. Semuanya sudah diatur, dan hanya kurang tanda tangan dari sang pemain. Disini saya hanya bisa menekankan bahwa kontrak baru Messi sangat jelas dan kami sudah mengerjakannya untuk waktu yang lama. Semua terlihat amat bagus dan akan merasa aneh ketika semua itu batal terjadi." tutupnya.

Sebagai catatan, ketika Neymar sudah dipastikan bertahan oleh Barca, namun yang terjadi adalah jawaban bahwa Barca tak benar-benar bisa menahan pemain andalannya tersebut. Neymar akhirnya resmi meninggalkan Camp Nou sebagai pemain termahal sejagad usai pihak Paris Saint Germain menebus pelepasan klausul kontrak sang pemain yang mencapai 222 juta euro.